ANDA para peselancar dunia maya yang sering
berjelajah dari situs satu ke situs lainnya pasti takkan lupa untuk nongkrong
atau paling tidak sekedar mampir ke salah satu situs yang lagi meroket saat
ini. Situs apa itu? Ya, tentu saja situs facebook! Saat ini siapa yang tidak
mengenalnya? Bisa dipastikan orang yang melek huruf dan pernah berinternet
pasti mengetahui situs yang satu ini. Bahkan mereka yang dulunya hanya
berinternet untuk sekedar membuka email kini pun mulai betah berlama-lama di
depan komputer untuk mengulak-ngulik akun Facebook-nya.
Data berbicara saat ini ada
sekitar 175 juta profil aktif di situs Facebook dan setiap profil rata-rata
memiliki 120 teman. Durasi pengaksesan profil berjumlah sekitar 3 miliar
menit/hari dan lebih dari 18 juta pengguna meng-update profilnya setiap hari
[data lengkap]. Lebih lanjut, menurut penelitian yang dilakukan oleh Student
Monitor, Facebook termasuk dalam jajaran benda/hal kedua yang diingini oleh
para pelajar/mahasiswa di AS setelah Ipod.
Tapi tahukah anda bahwa
Facebook dulunya hanya sebuah situs eksklusif yang dikhususkan untuk anak-anak
kampus Harvard saja? Lalu tahukah anda ternyata si pencipta situs ini pernah
digugat di pengadilan atas tuduhan penjiplakan hak intelektual dan source code
dari perusahaan lain? Selain itu benarkah Facebook memiliki situs kembaran?
So, bagi yang tertarik lanjut
mengetahui seluk beluk facebook lebih dalam berikut akan dipaparkan secuil
kisah sejarahnya.
Facebook termasuk dalam
kategori situs jejaring sosial seperti Friendster, MySpace, Multiply, Yuwie,
dll yang menyediakan media bagi para penggunanya untuk saling bertukar
informasi dan berinteraksi. Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4
Februari 2006 oleh seorang mahasiswa Harvard University, Mark Zuckerberg. Nama
Facebook sendiri diinspirasi oleh Zuckerberg dari sebuah istilah di kalangan
kampus seantero AS untuk saling mengenal antar sesama civitas akademiknya.
Awalnya para penggunanya hanya dikhususkan bagi para mahasiswa di kampus
Harvard University. Lalu kemudian diperluas ke sejumlah kampus di wilayah
Boston (Boston College, Boston University, Northeastern University, Tufts
University) dan kampus-kampus lainnya seperti Rochester, Stanford, NYU,
Northwestern, and Ivy League. Menyusul kemudian sejumlah kampus lain di AS.
Akhirnya, penggunanya lebih diperluas lagi ke sejumlah kampus lain di seluruh
dunia. Tanggal 11 September 2006, Facebook membuat satu langkah penting dengan
mengizinkan aksesnya ke seluruh netter yang mempunyai alamat email valid,
namun, dengan pembatasan usia.
Sejarah dan Perkembangan
Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg
(saat itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak
jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or
Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan
dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan
dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”.
Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya
dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’
untuk meminta foto.1
Saking nekatnya, Zuckerberg
membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan.
Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs
Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman
akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan).
Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan
pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun
sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat
pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat
atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa”.
2004
Tidak kapok, pada semester
berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah
situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com.
Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku
upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas
akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku
ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2
Saat pertama kali diluncurkan
“The Facebook” hanya terbatas di kalangan
kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para
penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat
itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim
thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz
(programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret 2004,
thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan
juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy
League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir
semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan
Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut
dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker.
Pertengahan 2004,
thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri
PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan Mei 2005,
thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel
Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain
mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan
frase “the” tidak dipakai lagi sehingga
nama mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005 ini juga,
facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di
tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan
Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
2006
Awal tahun 2006, Facebook
diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta,
bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti.
Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil
investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners.
Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di
pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006,
Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join”
bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.
2007
Bulan September 2007,
Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar.
Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki
hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah
pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat
mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah
menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang
miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di
Facebook.
2008
Pada Agustus 2008, majalah
Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di
Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar
sampai USD 5 miliar
Situasi Situs
Pengguna Facebook kini dapat
bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi kerja,
sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan menghubungkan para
anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan teman-temannya dan bisa
saling melihat isi profil pribadi.
Situs Facebook mendapatkan
pemasukan utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya. Para pengguna bebas
membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan info-info
pribadi lainnya. Selain itu dapat juga saling mengirim pesan, bergabung dengan
sebuah grup atau lebih. Secara default, Facebook mengatur profil pengguna hanya
bisa diakses oleh sesama pengguna yang telah berteman. Namun pengaturan ini
bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Microsoft adalah mitra
eksklusif Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner. Inilah sebabnya
mengapa Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam jaringannya
Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet marketing) saat ini
Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google dan Microsoft.
Dalam hal tampilan, Facebook
sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster. Namun perbedaaan
utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster mengizinkan pengguna
mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML dan CSS, sedangkan Facebook
hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga semua tampilan profil pengguna
terlihat seragam.
Fitur
Facebook memiliki sejumlah
fitur interaksi antar sesama pengguna yang di antaranya adalah fitur ‘Wall/Dinding’,
ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan terbuka, ‘Poke/Colek’,
sarana untuk saling mencolek secara virtual, ‘Photos/Foto’
ruang untuk memasang foto, dan ‘Status’ yang menampilkan kondisi/ide
terkini pengguna. Mulai Juli 2007, Facebook mengizinkan pengguna untuk mengirim
berbagai lampiran (tautan, aplikasi, dsb) langsung ke Wall/Dinding, di mana
sebelumnya yang diizinkan hanya teks saja.
Seiring perjalanan waktu,
Facebook menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya. Pada September
2006, Facebook mengumumkan peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang
berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini bersifat
terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah mendapat keluhan dari
beberapa pengguna, pihak Facebook merubah pengaturan fitur ini sehingga kini
pengguna dapat mengatur mana yang bisa ditampilkan di News Feed/Rangkaian Kabar
Berita dan mana yang tidak.
Fitur Catatan/Notes
ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor
tulisannya di blog lain (Xanga, LiveJournal, Blogger, dll) untuk ditampilkan di
Facebook. Tanggal 7 April 2008, Facebook meluncurkan salah satu fitur favorit
yaitu ‘Chat/Obrolan’, tempat di mana para
pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung dan real time.
Fitur ‘Gifts/Hadiah’
dimulai pada 8 Februari 2007. Fitur ini adalah fitur untuk saling berkirim
hadiah. ‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga USD
1 dan ditambahkan pesan pribadi. Tanggal 14 Mei 2007, Facebook memperkenalkan ‘Marketplace’
yang mengizinkan pengguna untuk beriklan secara gratis. Fitur beriklan gratis
ini dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist.
Juli 2008, Facebook merapikan
tampilan situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki
tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009, Facebook merapikan tampilan “Home/Beranda”.
Platform
Pada 24 Mei 2007, Facebook
mempromosikan Facebook Platform. Ini adalah sarana bagi para pengembang
software untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di Facebook. Langkah
ini segera disambut oleh para pengembang software sehingga sampai 25 Maret 2009
tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah pengembang sebanyak 660.000 pihak.
Perkembangan Negatif
Pada Desember 2008, Mahkamah
Agung Australia memutuskan menggunakan data-data pengguna Facebook sebagai
salah satu dasar dalam penentuan putusan perkara.
Universitas New Mexico pada
Oktober 2005 memblokir akses Facebook dalam jaringannya dengan dalih situs
Facebook bukan merupakan situs penunjang kampus. Pemerintah Provinsi Ontario,
Kanada juga memblokir akses Facebook dengan alasan yang hampir serupa.
Beberapa negara sampai saat
ini masih melarang akses Facebook ke warga negaranya. Pemerintah Syria melarang
akses Facebook dengan alasan situs ini akan dimanfaatkan oleh Israel untuk
meluaskan pengaruhnya. Pemerintah Iran juga memblokir Facebook karena khawatir
media ini akan digunakan pihak oposisi untuk menggalang jaringannya.
Pada 5 Februari 2008, seorang
warga negara Maroko, Fouad Mourtada, ditahan oleh kepolisian setempat karena
membuat profil palsu atas nama Pangeran Moulay Rachid yang merupakan salah satu
anggota keluarga Kerajaan Maroko.
Sejumlah pengguna yang ingin
keluar dari jaringan Facebook mengeluh kesulitan dalam menghapus profilnya. Hal
ini terjadi karena sebelumnya Facebook hanya mengizinkan pengguna untuk sekedar
deaktivasi saja sedangkan data-data pribadi tetap tersimpan dalam server
Facebook. Kebijakan ini banyak dikritik oleh para pengguna yang ingin
benar-benar menghapus seluruh datanya. Menanggapinya, pihak Facebook kemudian
merubah kebijakan pada 29 Februari 2008 sehingga sejak saat itu pengguna yang
ingin keluar dapat meminta data-data pribadinya untuk dihapus sama sekali dari
jaringan Facebook.
Pada 2004, ConnectU, sebuah
situs yang mirip dengan Facebook, membuat tuntutan hukum kepada Zuckerberg atas
tuduhan penjiplakan ide kreatif dan source code. Para pendiri ConnectU (Divya
Narendra, Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss) yang merupakan rekan sekelas
Zuckerberg di Harvard beranggapan bahwa konsep dasar Facebook adalah ide mereka
dan Zuckerberg hanyalah orang yang disewa untuk mendesainnya.
Seorang warga negara Kanada,
Adam Guerbuez, pernah memanfaatkan situs Facebook untuk mengiklankan produk
pembesaran penis dan penggunaan mariyuana. Pihak Facebook kemudian menggugat
Guerbuez di pengadilan setempat dan memenangi gugatan itu.
Pada 24 Juli 2008, Grant
Raphael, seorang warga Inggris diseret ke meja hijau atas tuduhan membuat
profil palsu yang isinya menghujat mantan rekan bisnisnya, Mattew Firsht,
sebagai seorang homoseksual.
Pesepakbola tenar Italia,
Alessandro Del Piero menggugat Facebook pada 9 Februari 2009 karena memuat
profil palsu dirinya yang berisi tautan-tautan ke berbagai situs propaganda
Nazi. Del Piero kemudian menyatakan bahwa ia bukan pendukung Nazi dan sama
sekali tidak pernah memiliki akun apapun di Facebook.
Kondisi Terkini
Terlepas dari berbagai
kontroversi di atas tak bisa dipungkiri bahwa demam Facebook sedang mewabah di
seluruh dunia. Jadi kini tergantung anda sendiri memanfaatkan Facebook untuk
tujuan apa dengan mempertimbangkan resiko-resiko yang menyertainya.
Apapun itu, saat ini menurut
comScore Facebook adalah situs jejaring sosial terkemuka di dunia mengalahkan
MySpace dan menurut Alexa untuk peringkat global berada di peringkat kelima,
hanya kalah dari Google, Yahoo, Youtube dan Live. Sedangkan penghargaan yang
pernah diterima adalah "Top 100 Classic Websites" tahun 2007 dari PC
Magazine dan "People's Voice Award" tahun 2008 dari Webby Awards.
Konsep Facebook kini juga
banyak dijiplak di beberapa negara yang di antaranya adalah:
StudiVZ —
yang memiliki versi-versi bahasa:
Jerman: studiVZ.de
Perancis: studiQG.fr
Italia: studiLN.it
Spanyol: estudiLN.es
Polandia: studentIX.pl
Hungaria: iwiw.hu
Selain StudiVZ, ada juga:
Australia: studentface.com.au
China: xiaonei.com
Russia: vkontakte.ru
America Selatan:
unibicate.com
Turki: studentSN.com,
unihayat.com, youniTR
Esperanto: Amikumu.com.
Sekilas Data
Perusahaan : Perseroan
Didirikan : Cambridge, Massachusetts (4 Februari
2004)
Kantor Pusat : Palo Alto, California & Dublin, Irlandia
(Kantor Pusat Internasional untuk Eropa, Afrika, dan Timur Tengah)
Tokoh Kunci : Mark Zuckerberg (Pendiri dan CEO), Dustin
Moskovitz (Co-founder),Sheryl Sandberg (COO), Matt Cohler (VP of Product
Management), Chris Hughes (Co-founder)
Pendapatan : USD 300 juta (2008)
Karyawan : 700 (November 2008)
Situs web : www.facebook.com
Versi Bahasa : Afrika, Arab, Bengali, Bulgaria, Catalan,
China, China (Hong Kong), China (Taiwan), Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda,
Inggris (American), Inggris (British), Filipino, Finlandia, Perancis, Jerman,
Yunani, Ibrani, Hungaria, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Korea,
Lithuania, Melayu, Norwegia (bokmål), Polandia, Portugal
(Brazil), Portugal, Rumania, Russia, Serbia, Slovenia, Spanyol (Castilian),
Swedia, Thai, Turki, Vietnam, Wales.
Posting Komentar