Geliat
Asuransi Syariah di Indonesia - Prudential Dukung Perkembangan Industri Syariah
di Indonesia
Sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi
tertinggi yang mencapai 6,3 persen (1) di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2011
serta sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar, Indonesia memiliki peluang
yang sangat besar di dunia bisnis asuransi jiwa syariah. Berdasarkan data dari
Kementerian Keuangan, dalam kurun waktu lima tahun, pasar asuransi syariah
tumbuh sebesar 53 persen, yaitu mencapai Rp 7,3 triliun. Sementara hingga akhir
tahun lalu, asuransi syariah mencetak premi sebesar Rp4,97 triliun atau tumbuh
34,9% dibandingkan tahun sebelumnya (2). Pertumbuhan terkini juga dapat dilihat
dari total pemasukan premi syariah dari PT Prudential Life Assurance
(Prudential Indonesia) yang mencapai Rp997,9 miliar, naik 24,2 persen, sampai
30 Juni 2012 dibanding periode yang sama di tahun 2011.
Menyadari potensi perkembangan pasar yang
besar serta mendengarkan kebutuhan konsumen untuk mendapatkan proteksi jiwa
yang didasari oleh prinsip-prinsip syariah, Prudential Indonesia mengembangkan
unit bisnis syariahnya sejak tahun 2007.
William Kuan, Presiden Direktur Prudential
Indonesia mengatakan, “Asuransi jiwa syariah memiliki peluang yang luar biasa
besar di Indonesia, melihat beberapa faktor utama seperti populasi Muslim
terbesar di dunia, PDB yang terus meningkat, penetrasi asuransi yang masih
rendah, serta meningkatnya kelas menengah. Hasil mendengarkan kami melalui
survei menunjukkan bahwa baru 1% dari responden survei yang memiliki asuransi
jiwa syariah. Dari yang tidak memiliki, 12% mempertimbangkan untuk memiliki
asuransi jiwa syariah. Ini angka yang cukup baik untuk menggambarkan potensi
pasar yang ada.
William melanjutkan, “Survei kami tersebut
juga menunjukkan bahwa dari mereka yang tidak mempertimbangkan untuk memiliki
asuransi jiwa syariah, jumlah terbesarnya, yaitu 38% mengatakan bahwa alasan
mereka karena tidak mengerti mekanisme atau produknya. Hal ini menunjukkan
bahwa edukasi tentang asuransi jiwa syariah perlu terus dilakukan. Kami sangat
gembira dipercaya oleh masyarakat untuk menyediakan perlindungan berbasis
syariah melalui produk PRUlink syariah. Sampai 30 Juni 2012, peningkatan
kontribusi (premi) baru dari PRUlink syariah mencapai 25,7 persen. Hasil ini
mengindikasikan bahwa produk-produk syariah kami mendapatkan respon yang baik
dari masyarakat, dan atas dasar kepercayaan mereka tersebut Prudential
bersyukur dapat memimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia.”
1 Badan Pusat Statistik
2 Laporan di media massa
Selama kurun waktu lima tahun belakangan,
pertumbuhan asuransi jiwa syariah memperlihatkan kontribusi yang meningkat
terhadap pertumbuhan perekonomian syariah itu sendiri. Hal ini tidak hanya
disebabkan oleh semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya
memiliki asuransi jiwa, namun mereka juga menemukan bahwa asuransi jiwa syariah
memberikan nilai lebih bagi kehidupannya. Pertama, konsep risk-sharing (berbagi
risiko antar peserta, berbeda dengan asuransi konvensional yang mengalihkan
risiko dari nasabah ke perusahaan asuransi) merupakan sebuah daya tarik dari
produk ini, yang menarik bagi konsumen Muslim dan juga non Muslim. Kelebihan
lainnya adalah bagaimana dalam produk unit link syariah misalnya, premi
dialokasikan ke dalam instrumen investasi yang portofolionya sesuai dengan
prinsip syariah, yaitu tidak memperdagangkan unsur-unsur yang dilarang oleh
agama Islam. Nilai kebaikan lainnya, jika perusahaan mendapatkan keuntungan
dari unit bisnis syariah, 2,5 persen dari keuntungan tersebut harus
dialokasikan untuk zakat kepada pihak yang berhak menerima.
Prudential Indonesia mendengarkan dan memahami
kebutuhan masyarakat yang ada dan terus berupaya memenuhinya dengan ragam
solusi keuangan. Sejalan dengan itu, PRUlink syariah dirancang untuk dapat
memenuhi beragam kebutuhan perlindungan sekaligus investasi berbasis syariah
bagi konsumen di Indonesia. PRUlink syariah terdiri dari dua produk utama,
yaitu PRUlink syariah assurance account (PAA Syariah) dan PRUlink syariah
investor account (PIA Syariah). PAA Syariah menyediakan keleluasaan memilih
salah satu atau bahkan kombinasi dari tiga pilihan investasi syariah yang
tersedia untuk pertumbuhan keuangan masa depan konsumen dengan pembayaran
kontribusi secara reguler. Sementara PIA Syariah merupakan produk berkontribusi
tunggal. Keduanya memberikan pilihan bagi para nasabah dalam memilih
perlindungan terkait investasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
“Melalui sosialisasi dan edukasi yang
berkelanjutan dan daya tarik nilai kebaikan yang ditawarkan dalam konsep
risk-sharing serta investasi ke portofolio yang berbasis syariah, maka potensi
pertumbuhan industri asuransi jiwa syariah dapat mencapai tingkat yang lebih
tinggi lagi. Kami berkomitmen penuh untuk mengembangkan bisnis syariah ke
depannya dan berperan sebagai pemimpin pasar yang bertanggung jawab, patuh pada
peraturan serta terus mendengarkan dan memahami kebutuhan asuransi jiwa syariah
masyarakat, serta pada gilirannya terus mendukung pertumbuhan industri Syariah
di Indonesia,” tutup William Kuan.
Mengenai Prudential plc dan Prudential
Corporation Asia
Prudential plc didirikan di Inggris, merupakan
salah satu kelompok jasa keuangan terkemuka di dunia. Grup Prudential menyediakan
asuransi dan jasa keuangan melalui anak perusahaan dan afiliasinya di seluruh
dunia. Grup telah berdiri selama lebih dari 160 tahun dengan total dana
kelolaan sebesar £363 miliar (pada tanggal 30 Juni 2012). Prudential plc tidak
berafiliasi dengan Prudential Financial, Inc, sebuah perusahaan yang tempat
usaha utamanya berada di Amerika Serikat.
Untuk wilayah Asia, Prudential Corporation
Asia (PCA) menyediakan produk-produk yang memenuhi kebutuhan akan tabungan,
perlindungan dan investasi nasabah, dan telah menyediakan produk dan jasa yang
fokus pada nasabah selama lebih dari 80 tahun.
Prudential mengoperasikan bisnis asuransi jiwa
di 13 negara Asia yaitu Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Korea, Jepang,
Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam dan Kamboja.
Prudential juga menjangkau lingkup geografis yang luas dengan mengoperasikan
bisnis pengelolaan aset melalui Eastspring Investments di 11 pasar Asia dan di
Amerika Serikat.
Di paruh pertama tahun 2012, Prudential
Corporation Asia mencapai penjualan berdasarkan Annualized Premium Equivalent
(APE) yang bertumbuh 21 persen menjadi £ 899 juta (Rp. 13,3 triliun).
Mengenai PT Prudential Life Assurance
(Prudential Indonesia)
Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life
Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, grup
jasa keuangan asal Inggris dengan pengalaman lebih dari 160 tahun. Dengan
menggabungkan pengalaman internasional Prudential di bidang asuransi jiwa dengan
pengetahuan tata cara bisnis lokal, Prudential Indonesia memiliki komitmen
untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
Sejak meluncurkan produk asuransi yang
dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential
Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Di
samping itu, Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk yang
dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di
Indonesia.
Dari data terakhir per 30 Juni 2012, Prudential
Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan,
Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan lebih dari 279 kantor
keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam dan
Bali). Prudential Indonesia memiliki lebih dari 181.000 jaringan tenaga
pemasaran yang melayani lebih dari 1,5 juta nasabah.
=========================================================
KONSULTASI / ILUSTRASI GRATIS, Free to Call / SMS :
0813-1090-2012
ALFONSIUS KARNO – PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE
Posting Komentar