3.000
Perempuan Indonesia Ikuti Pelatihan Mengelola Dana dari Prudential
Jakarta,
12 Desember 2012 – PT Prudential Iife Assurance (Prudential Indonesia) kembali
mengadakan serangkaian program lokakarya Financial Literacy (sadar keuangan)
untuk perempuan di tahun 2012. Program lokakarya kali ini didukung penuh oleh
dua instansi sekaligus, yaitu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan
Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPP-PA) serta Kementerian Pariwisata dan
Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Program lokakarya Financial Literacy merupakan
salah satu program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social
Responsibility - CSR) yang bertujuan untuk berbagi tips-tips dasar pengelolaan
keuangan pribadi dan keluarga kepada para perempuan pengusaha kecil sektor
informal.
Sepanjang
pelaksanaan Financial Literacy 2012 yang telah memasuki tahun ke-empat,
Prudential Indonesia memperluas jangkauan hampir dua kali lipat dari
tahun–tahun sebelumnya. Tahun lalu dilaksanakan sebanyak 6 sesi di 6 kota
sedangkan, pada tahun ini dilakukan sebanyak 14 sesi di 6 kota, sehingga
mencapai lebih dari 3.500 perempuan pengusaha sektor informal yang mendapatkan
tips– tips dasar pengelolaan keuangan rumah tangga.
William
Kuan selaku Presiden Direktur Prudential Indonesia mengatakan, “Sebagai bagian
dari masyarakat Indonesia, kami sangat peduli dengan perwujudan masyarakat yang
sadar keuangan, termasuk di dalamnya perempuan mandiri yang mampu mengelola
manajemen keuangan keluarga. Melalui Financial Literacy 2012, Prudential
Indonesia membuka akses seluas–luasnya untuk berbagi pengetahuan dan dasar
pengelolaan keuangan agar dapat mendukung mereka untuk memiliki taraf hidup
yang lebih baik.”
Program
lokakarya Financial Literacy diberikan oleh para trainer yang merupakan relawan
dari karyawan perempuan Prudential Indonesia. Lokakarya dikemas interaktif dan
ringan, di mana sesama peserta dapat saling berbagi pengalaman mengenai
pengelolaan keuangan rumah tangga dengan trainer serta latihan simulasi seperti
latihan penetapan tujuan atau menyusun anggaran.
Peserta
yang mengikuti program ini adalah para perempuan pengusaha sektor informal dari
binaan KPP–PA dan Kemenparekraf serta merupakan kalangan bawah SES C–D, yang
memiliki penghasilan Rp 500.000–Rp 2.500.000 per bulan. Adapun yang
berkesempatan mengikuti Financial Literacy 2012 adalah anggota perempuan dari Asosiasi
Pedagang Kaki Lima (APKLI) dan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga
Sejahtera (UPPKS), binaan dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional
(BkkbN) yang merupakan mitra kerja KPP–PA, serta anggota kelompok binaan Dinas
Pariwisata mitra kerja Kamenparekraf, yang berasal dari Bandung, Yogyakarta,
Surabaya, Denpasar, Mataram, dan Jakarta.
Menteri
Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ibu Linda Amalia Sari
Gumelar, S.IP yang hadir pada Financial Literacy ini juga menyampaikan
penghargaannya kepada Prudential Indonesia yang telah berkomitmen terus
melanjutkan inisiatif untuk mencerdaskan masyarakat, terutama kelompok
perempuan agar kualitas hidupnya meningkat. “Kementerian menyambut baik
inisiatif yang dilakukan oleh Prudential Indonesia karena program ini secara
konsisten dilakukan berkelanjutan, hal ini juga selaras dengan tugas dan
tanggung jawab Kementerian, yang diharapkan dari inisiatif ini dapat mewujudkan
kesetaraan gender khususnya untuk mendapatkan akses dan kesempatan
mengembangkan diri, sehingga perempuan dapat lebih mandiri dan menjadi mitra
yang sejajar dengan kaum laki-laki. Perwujudan kesetaraan gender ini juga akan
berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan dan pendapatan keluarga, yang
pada akhirnya juga akan berkontribusi kepada pembangunan nasional.” ujar Ibu
Menteri.
Program
Financial Literacy tahun ini juga merupakan salah satu program dari rangkaian
payung besar program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social
Responsibility-CSR) Prudential yang bertemakan “Sejuta Hati, Untuk Sejuta
Mimpi” yang memiliki tujuan untuk memberikan manfaat sosial kepada satu juta
orang masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2012 hingga 2014 baik inisiatif di
bidang pendidikan, anak-anak, serta pencegahan dan penanggulangan bencana.
“Prudential
Indonesia selalu berupaya untuk mendengarkan dan memahami, salah satunya adalah
dengan secara konsisten melanjutkan komitmen perusahaan untuk memberi kembali
kepada masyarakat di mana kami berbisnis, melalui serangkaian program CSR.
Melalui Financial Literacy, kami berharap dapat memberikan dampak positif
kepada perempuan pengusaha kecil agar dapat semakin bijak dalam mengelola
keuangan keluarga sehingga dapat memiliki kehidupan yang lebih baik,” tutup
William.
- Selesai
-
Mengenai
Prudential plc dan Prudential Corporation Asia
Prudential
plc didirikan di Inggris,dan merupakan sebuah grup jasa keuangan internasional
terkemuka. Prudential plc menyediakan jasa asuransi dan layanan keuangan
lainnya melalui anak usaha dan afiliasi di seluruh dunia. Prudential telah
menyediakan jasa asuransi jiwa di Inggris selama lebih dari 160 tahun dan
memiliki total dana kelolaan sebesar £363 miliar (per 30 Juni 2012). Prudential
plc tidak berafiliasi dengan Prudential Financial, Inc., sebuah perusahaan yang
beroperasi di Amerika Serikat.
Untuk
wilayah Asia, Prudential Corporation Asia (PCA) menyediakan produk- produk yang
memenuhi kebutuhan akan simpanan, perlindungan dan investasi nasabah, serta
merupakan grup perusahaan keuangan terdepan yang menyediakan produk-produk dan
pelayanan yang sesuai kebutuhan nasabah, dengan pengalaman lebih dari 80 tahun.
Prudential
mengoperasikan bisnis asuransi jiwa di 13 negara Asia yaitu Cina, Hong Kong,
India, Indonesia, Korea, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan,
Thailand, Vietnam dan Kamboja. Prudential plc melalui bisnis manajemen astnya
juga mempunyai pengalaman di 11 pasar Asia dan Amerika Serikat.
Di
triwulan ketiga tahun 20121 berdasarkan Annualized Premium Equivalent (APE)
dari bisnis baru di Asia mencapai pertumbuhan 16 persen menjadi £1,3 miliar (Rp
20,2 triliun).
Mengenai
PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia)
Didirikan
pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan
bagian dari Prudential plc, dengan menggabungkan pengalaman internasional
Prudential di bidang asuransi jiwa dengan pengetahuan tata cara bisnis lokal,
Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di
Indonesia.
Sejak
meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link)
pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk
produk tersebut di Indonesia. Di samping itu, Prudential Indonesia juga
menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap
kebutuhan para nasabahnya di Indonesia.
Dari data
terakhir per 30 September 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di
Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan
Semarang dengan 280 kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan,
Bandung, Yogyakarta, Batam dan Bali). Prudential Indonesia melayani lebih dari
1,6 juta nasabah
Posting Komentar