Tepatnya
di Jakarta, 17 April, 2013 – PT Prudential Life Assurance (Prudential
Indonesia) hari ini mengumumkan peluncuran PRUaman, produk asuransi mikro
pertama dari Prudential. PRUaman memberikan perlindungan keuangan kepada rumah
tangga berpendapatan rendah dengan harga terjangkau dan mudah diakses melalui
Lembaga Keuangan Mikro dan Bank Perkreditan Rakyat ketika mereka dihadapkan
pada peristiwa-peristiwa yang mengubah hidup mereka. Di lain pihak, Lembaga
keuangan mikro memperoleh manfaat berupa perlindungan terhadap pinjaman pokok
yang diberikannya kepada nasabah, yang pada gilirannya dapat mendorong
berkembangnya industri keuangan mikro yang lebih sehat di Indonesia.
“Sebagai
bagian dari komitmen teguh kami untuk selalu mendengarkan nasabah dan memahami
kebutuhan mereka, kami ingin memastikan bahwa setiap orang memiliki akses
terhadap layanan dan produk keuangan, terutama asuransi jiwa. Untuk segmen
mikro, kami ingin menciptakan produk asuransi jiwa bagi mitra dan nasabah kami
dengan menyatukan empat kriteria kunci yang merupakan prioritas bagi mereka,”
jelas William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia. “Keempat kriteria
yang membentuk landasan dari PRUaman adalah aksesibilitas, harga yang
terjangkau, kesederhanaan, dan kemudahan dalam penggunaan. Kami bertekad untuk
menciptakan produk yang memiliki aksesibilitas tinggi dan harga yang
terjangkau, mudah untuk dibeli, proses pertanggungan yang sederhana dan mudah
untuk digunakan dalam hal pengajuan klaim. Dan merupakan sebuah produk yang
secara langsung terkait dengan inisiatif pendidikan kesadaran finansial."
Pengembangan
PRUaman didasarkan pada riset pasar mendalam yang menunjukkan kebutuhan nyata
akan perlindungan keuangan di segmen mikro baik untuk pemberi pinjaman dan
peminjam. Riset pasar tersebut mencakup analisis kesenjangan produk yang ada
melalui penilaian permintaan asuransi mikro. Prudential juga melakukan
serangkaian 12 diskusi kelompok terfokus dengan 73 peserta dan wawancara
mendalam terhadap nasabah berpendapatan rendah dan lembaga penyedia keuangan
mikro. Riset ini dilakukan selama dua tahun dengan mengumpulkan data dari lima
provinsi dan 13 kota.
Di segmen
mikro, asuransi dianggap mahal, dengan proses persyaratan, pertanggungan dan
klaim yang rumit. Karena kesadaran akan perlindungan asuransi yang rendah di
segmen ini, maka ketika peminjam tertimpa musibah, pada umumnya pihak keluarga
akan diwarisi beban pinjaman, atau pihak Lembaga Keuangan Mikro yang menanggung
beban kerugian finansial. “Setelah riset mendalam yang kami lakukan, PRUaman
adalah solusi yang kami tawarkan, dan pada giliranya akan membantu meningkatkan
pinjaman modal bagi rumah tangga berpendapatan rendah yang membutuhkannya,”
jelas Nini Sumohandoyo Corporate Marketing and Communications
Director.Prudential Indonesia.
PRUaman
menyediakan empat paket asuransi dengan tarif yang sangat terjangkau, dengan
tarif terendah sebesar Rp 2,000 per tahun. Tarif in bersifat tunggal, yang
berlaku sama rata tanpa memandang usia dan tenor pinjaman. Tarif premi tunggal
ini memberikan keuntungan kepada lembaga mikro saat menentukan rencana yang
tepat untuk setiap anggota. Manfaat dari keempat rencana tersebut berkisar dari
kemudahan pelunasan pinjaman hingga pelunasan pinjaman yang disertai beragam
tambahan manfaat keuangan bagi keluarga.
Untuk
peluncuran awal, dua koperasi Mitra Usaha Mandiri (MUM), yang masing-masing
berada di Subang dan Karawang, Provinsi Jawa Barat, akan menjadi mitra
distribusi pertama. Kedua Koperasi ini didirikan pada 1998 dan telah
membuktikan kredibilitas dan pengalamannya dalam melayani masyarakat
berpendapatan rendah dan ekonomi lemah. MUM memiliki enam cabang mandiri di
Jawa Barat dan Jawa Tengah, dengan masing-masing cabang memiliki 1.000 sampai
1.500 anggota dengan aset lebih dari Rp 2 miliar. Di samping produk PRUaman, Prudential
juga akan memberikan dukungan kepada koperasi dan anggotanya melalui pendidikan
kesadaran keuangan.
“Memilih
mitra distribusi yang terpercaya dan kredibel merupakan unsur penting lainnya
bagi kesuksesan PRUaman. Kami ingin bekerja sama dengan lembaga yang mapan
secara reputasi dan mempunyai hubungan yang kuat dengan masyarakat yang mereka
layani. Mereka merupakan mata rantai penting yang memudahkan pembelian dan
pelayanan produk ini. Mereka juga sangat penting dalam membantu kami membangun
kepercayaan dalam segmen masyarakat yang lebih luas, yang sebagian besar baru
belajar tentang pentingnya berasuransi,” jelas Ahmir Ud Deen Business
Development Director Prudential Indonesia.
Prudential
akan terus menambah mitra distribusi lainnya di masa mendatang guna memperluas
akses ke rumah tangga berpendapatan rendah di seluruh negeri.
“PRUaman
akan menjadi bagian penting dari portofolio produk Prudential Indonesia. Produk
ini akan memungkinkan kami untuk memperluas cakupan pasar asuransi jiwa dan
membantu kami dalam mengemban tanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap
rumah tangga di Indonesia memiliki akses terhadap layanan dan produk keuangan,”
tambah Kuan. “Dengan PRUaman kami membuka pintu lebih lebar untuk masa depan
ekonomi yang lebih sehat dengan mengurangi hambatan bagi keluarga Indonesia
dalam melindungi masa depan keuangan mereka.”
Tentang
Manfaat PRUaman
PRUaman
memiliki empat paket manfaat yang sederhana, dan mudah dipahami. Yaitu:
Paket 1:
Jika pihak tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan,
Prudential Indonesia akan membayar sisa saldo pinjaman kepada LKM.
Paket 2:
Jika pihak tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan,
Prudential Indonesia akan memberikan manfaat sejumlah pinjaman awal dari
tertanggung guna terlebih dahulu melunasi sisa pinjaman kepada LKM, dengan sisa
manfaat diberikan kepada ahli waris.
Paket 3:
Jika pihak tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan,
Prudential Indonesia akan membayar sisa saldo pinjaman kepada pemegang polis,
PLUS manfaat dalam jumlah pinjaman awal dibayarkan kepada ahli waris.
Paket 4:
manfaat yang diberikan:
Manfaat
A: Jika pihak tertanggung meninggal dari penyakit atau sebab-sebab alamiah,
Prudential Indonesia akan melunasi sisa pinjaman kepada LKM, PLUS kompensasi
menyamai jumlah pinjaman awal kepada ahli waris.
Manfaat
B: Jika pihak tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan, Prudential
Indonesia akan menyelesaikan seluruh kredit yang belum dilunasi kepada LKM,
PLUS kompensasi sebesar tiga kali pinjaman awal kepada penerima.
Tentang
Prudential plc dan Prudential Corporation Asia
Prudential
plc berlokasi di Inggris dan Wales, dan perusahaan-perusahaan terafiliasinya
merupakan satu dari grup jasa keuangan terkemuka dunia. Prudential plc
menyediakan layanan asuransi dan keuangan melalui anak-anak usaha dan
perusahaan afiliasinya di seluruh dunia. Prudential telah hadir di industri ini
selama 165 tahun dan memiliki total aset kelolaan sebesar £405 miliar (Rp 6.345
triliun, per 31 Desember 2012). Prudential plc tidak memiliki hubungan apapun
dengan Prudential Financial, Inc., sebuah perusahaan yang beroperasi di Amerika
Serikat.
Prudential
Corporation Asia telah beroperasi di Asia lebih dari 85 tahun dengan
mengoperasikan bisnis asuransi jiwa di 13 pasar Asia yaitu Kamboja, Cina, Hong
Kong, India, Indonesia, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura,
Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Prudential memiliki landasan distribusi
multi-channel yang kuat dalam menyediakan berbagai tahap simpanan yang
komprehensif, perlindungan dan produk investasi untuk memenuhi beragam
kebutuhan nasabah di Asia.
Prudential
plc melalui bisnis manajemen asetnya, Eastspring Investments, juga memiliki
cakupan geografis di 12 pasar Asia dan Amerika Serikat.
Per 31
Desember 2012, berdasarkan Annualized Premium Equivalent (APE), total penjualan
Prudential Corporation Asia di Asia tumbuh 14% menjadi £1,9 miliar (Rp 28,2
triliun).
Tentang
Prudential Indonesia
Didirikan
pada 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan
perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan merupakan bagian dari
Prudential plc, grup jasa keuangan yang berbasis di Inggris. Dengan
memanfaatkan pengalaman Grup Prudential selama 165 tahun di industri asuransi
jiwa, Prudential Indonesia berkomitmen untuk menyediakan solusi investasi
terbaik, tabungan, dan solusi proteksi asuransi yang paling baik kepada nasabah
di tanah air.
Sejak
peluncuran produk asuransi yang terkait produk investasi pertamanya di tahun
1999, Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk
inovatif ini. Prudential Indonesia juga menawarkan variasi produk dan layanan
yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan keuangan para nasabah Indonesia yang
beragam.
Pada 31
Desember 2012, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor
pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 290
kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta,
Batam, dan Bali) di seluruh nusantara. Per 31 Desember 2012, Prudential
Indonesia melayani lebih dari 1,7 juta nasabah.
Tentang
Mitra Usaha Mandiri
Didirikan
pada tahun 1998, Yayasan Mitra Usaha (YMU) telah aktif mengembangkan program
untuk melayani rumah tangga berpendapatan rendah menggunakan Grameen Bank model
dengan memberikan pinjaman kecil kepada mereka yang miskin tanpa memerlukan
agunan, yang diberi nama Mitra Usaha Mandiri. Dimulai di Bekasi Jawa Barat, dan
kemudian berkembang ke daerah lain yang lebih besar Jawa Barat, Subang,
Karawang, dan Indramayu.
Ketika
pengembangan koperasi menjadi lebih besar. Setelah Jawa Barat, memperluas ke
daerah-daerah miskin di Jawa Tengah, Rembang, Pati dan Klaten. Saat ini, MUM
memiliki enam cabang independen di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Setiap cabang
memiliki 1.000 - 1.500 anggota, dengan aset lebih dari Rp 6 miliar.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KONSULTASI / ILUSTRASI GRATIS, Free to Call / SMS :
0813-1090-2012
ASIUS – PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE
Posting Komentar