Prudential
Indonesia dan KidZania Bekerja Sama Ajarkan Prinsip Pengelolaan Keuangan Kepada
Anak-Anak
Jakarta,
2 Juni 2013, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerja sama
dengan KidZania Jakarta untuk memberikan pemahaman mengenai keuangan (financial
literacy) bagi anakanak melalui peluncuran Prudential Vault. Kehadiran wahana
terbaru di KidZania tersebut, merupakan perwujudan dari konsep pengelolaan
keuangan Cha-ching Money Smart Kids dalam bentuk nyata. Cha-ching Money Smart
Kids, program pembelajaran online interaktif melalui karakter animasi, musik,
dan video kartun, memiliki empat pilar utama, yaitu memperoleh (earn), menabung
(save), membelanjakan (spend), dan menyumbang (donate).
Dari
keempat pilar tersebut, Prudential Vault di KidZania menghadirkan konsep
“menyumbang”, yaitu memberi kembali kepada masyarakat terutama bagi mereka yang
membutuhkan, melalui berbagai aktivitas pembelajaran yang menyenangkan. Setelah
mendapatkan pengalaman mengelola keuangan di Kidzania, anak–anak bersama orang
tua di rumah juga dapat mengunjungi www.cha-ching.co.id untuk mempelajari lebih
dalam mengenai pengelolaan keuangan.
Uchu
Riza, City Mayor of KidZania menjelaskan, “Di setiap establishment yang ada,
KidZania menerapkan 6 Guidance Right atau hak anak, yakni to be, to know, to
create, to share, to care, dan to play. Melalui berbagai kegiatan yang ada di
KidZania, anak-anak diajak untuk bermain peran melakukan aktifitas profesi
layaknya orang dewasa, dan memperoleh gaji berupa KidZos dari hasil kerja
mereka. Selanjutnya, mereka akan belajar untuk menentukan pilihan apakah mereka
akan menabung KidZos atau menggunakannya untuk membeli makanan atau barang
lainnya.”
“Dengan
pembelajaran pengelolaan keuangan Cha-Ching terutama konsep “menyumbang”
melalui Prudential Vault, anak-anak dapat mengalami langsung rasanya menjadi
anggota masyarakat yang peduli terhadap sesama dengan menggunakan uang yang
mereka peroleh dari kerja keras untuk membuat perbedaan dalam masyarakatnya,”
tambah Uchu.“
“Prudential
dan KidZania berkeyakinan bahwa perusahaan memiliki peranan dalam mempersiapkan
anak-anak Indonesia menyongsong masa depan yang lebih baik dan cerah. Kami
percaya dengan menanamkan nilai-nilai tentang memperoleh, menabung,
membelanjakan, dan menyumbang sejak usia dini, kami membantu anak-anak untuk
memahami cara mengelola keuangan yang akan bermanfaat bagi mereka, keluarganya,
dan lingkungannya di masa depan. Hal ini didasari oleh hasil penelitian kami
yang menunjukkan bahwa 95 persen dari orang tua ingin dibantu dalam hal program
pendidikan yang mengajarkan pengelolaan keuangan bagi anak-anak. Melalui
Prudential Vault di KidZania, kami mengemas nilai-nilai tersebut dengan
aktivitas pendidikan yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak,” kata
William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia.
“Keberadaan
Prudential Vault sebagai sebuah sarana sosialisasi nilai-nilai yang diusung
Cha-ching merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)
yang lebih besar yaitu ‘Sejuta Hati untuk Sejuta Mimpi’, yang kami luncurkan di
tahun 2012. Program ini merupakan komitmen perusahaan untuk menyentuh kehidupan
satu juta orang Indonesia yang kurang beruntung, termasuk anak-anak yang
merupakan masa depan Indonesia. Porsi terbesar dari inisiatif ini adalah\
memberikan pembelajaran mengenai pemahaman pengelolaan keuangan,” kata William.
“Sejak diluncurkan pada Oktober 2012, program pembelajaran pengelolaan keuangan
Cha-ching telah menjangkau lebih dari 200.000 orang terutama anak-anak di
Indonesia. Dengan kepopuleran KidZania, kami percaya bahwa Prudential Vault
akan membantu menjangkau sasaran yang lebih banyak.lagi,” tutup William.
---
SELESAI ---
Tentang
KidZania Jakarta
KidZania
adalah sebuah theme park atau ’kota’-nya anak-anak yang mengedepankan unsur
pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi
anak-anak usia 2-16 tahun. Dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika
sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan
raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater,
pabrik-pabrik dan masih banyak lagi. Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran
atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak,
ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya.
Saat ini
telah beroperasi 12 KidZania yang tersebar di 9 negara antara lain: Mexico
(Santa Fe, Monterrey, Cuicuilco), Jepang (Tokyo dan Osaka), Indonesia
(Jakarta), Portugal (Lisbon), Uni Emirat Arab (Dubai), Korea Selatan (Seoul),
Malaysia (Kuala Lumpur), Chile (Santiago), Thailand (Bangkok). Di Indonesia,
KidZania menempati ruang seluas 7.500 m2 berlokasi di Pacific Place Mall lantai
6, Kawasan Niaga Terpadu, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Jakarta, dengan
kapasitas pengunjung maksimum 1.800 orang dalam 1 shift.
Tentang
Prudential Indonesia
Didirikan
pada 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan
perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan merupakan bagian dari
Prudential plc, grup jasa keuangan yang berbasis di Inggris. Dengan
memanfaatkan pengalaman Grup Prudential selama 165 tahun di industri asuransi
jiwa, Prudential Indonesia berkomitmen untuk menyediakan solusi investasi
terbaik, tabungan, dan solusi proteksi asuransi yang paling baik kepada nasabah
di tanah air.
Sejak
peluncuran produk asuransi yang terkait produk investasi pertamanya di tahun
1999, Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk
inovatif ini.
Sampai 31
Maret 2013, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor
pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang dengan 310
kantor keagenan (termasuk di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta,
Batam, dan Bali) di seluruh nusantara. Per 31 Maret 2013, Prudential Indonesia
melayani lebih dari 1,8 juta nasabah.
Tentang
Cha-ching
Cha-ching
merupakan salah satu inisiatif kunci dari Yayasan Prudence, sebuah charitable
platform dari Prudential Corporation Asia. Dalam kolaborasinya dengan Cartoon
Network, saluran televisi anak-anak terkemuka di Asia Pasifik, dan dengan
keahlian Dr. Alice Webber, seorang pakar edukasi dan psikolog anak, Cha-Ching
di kemas dalam bentuk program edukasi finansial bagi anak, melalui medium
animasi musikal mengajarkan pentingnya pengelolaan keuangan bagi anak-anak
dengan memperkenalkan empat konsep utama, yaitu: memperoleh (earn), menabung
(save), membelanjakan (spend) dan menyumbangkan (donate).
Cha-ching
merupakan jawaban atas temuan survei yang dilakukan di Juni 2011, hasil survei
tersebut menunjukan bahwa orang tua ingin melakukan edukasi mengenai pengelolaan
keuangan bagi anaknya melalui medium yang menyenangkan dan menarik. Di
September 2011 Cha-ching diluncurkan di tujuh pasar Prudential di kawasan Asia:
Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina.
Cha-ching
merupakan serangkaian episode animasi musikal yang berdurasi tiga menit,
diperuntukan bagi anak berusia 7 sampai dengan 12 tahun dan diproduksi serta
ditayangkan oleh Cartoon Network. Elemen lain dari program tersebut meliputi
situs internet (www.cha-ching.com) yang dilengkapi oleh permainan dan aplikasi
yang menampilkan skenario nyata mengenai pengelolaan keuangan, data-data online
dan perencanaan kegiatan bagi orang tua dan guru serta aplikasi mobile untuk
iPodTouch, iPhone dan pengguna iPad yang berguna bagi anak-anak dalam mengawasi
siklus keuangan mereka
Cha-ching
telah mendapatkan pengakuan internasional sebagai program yang patut dicontoh
dalam mempromosikan literasi keuangan yang efektif di masyarakat, Cha-ching
dinobatkan sebagai Education Program of the Year oleh Excellence in Financial
Literacy Education (EIFLE) di Orlando, AS (April 2012), dan juga dinobatkan
sebagai The Best Interstitial Series (Pendidikan) oleh Cynopsis:
Kids!magination Awards di New York, AS (Juni 2012). Di Asia, Cha-Ching menerima
Certificate of Excellence (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) dalam Campaign PR
Awards 2011 (Maret 2012) dan penghargaan untuk the Most Innovative Financial
Education Programme oleh Institute of Financial Planners Hong Kong (September
2012).
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
KONSULTASI / ILUSTRASI GRATIS, Free to Call / SMS :
0813-1090-2012
ASIUS – PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE
Posting Komentar